Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

May Day is a Fun Day

May Day atau yang biasa disebut sebagai Hari Buruh Internasional, pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei. Hari buruh juga dijadikan hari libur tahunan (di beberapa negara) yang berawal dari gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial. 

Di Indonesia Hari Buruh mulai diperingati sebagai hari libur sejak Tahun 2014 yang ditetapkan oleh Presiden SBY sebagai  kado bagi buruh dan dituangkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No 24 Tahun 2013 tentang Penetapan tanggal 1 Mei sebagai hari libur. Pada hari tersebut biasanya dijadikan unjuk rasa dari para buruh untuk mendapatan kehidupan yang layak dan melakukan protes atas beberapa peraturan pemerintah dan perusahaan yang tidak berpihak kepada kaum buruh. Atas hal tersebut Pemerintah mengubah May Day untuk melakukan hal yang jauh lebih positif, salah satunya dengan melakukan serangkaian kegiatan sosial seperti tema yang diusung pada tahun 2018 ini yaitu "May Day is a Fun Day". 

Salah satu upaya Pemerintah dalam hal ini khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan hal tersebut, dilakukan melalui himbauan dan aksi bersama berupa “kegiatan sosial”, “Khitanan Massal” bagi anak pekerja serikat/buruh di perusahaan. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan YME karena masih banyak saudara saudara kita yang tidak seberuntung kita, dan berupaya menjadikan mereka sebagai manusia yang lebih baik serta menanamkan kesadaran untuk mengasihi sesama dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Harapan Kami dengan diadakannya kegiatan ini dapat terwujudnya kebersamaan menuju masyarakat Jawa Barat yang sejahtera serta terpeliharanya suasana aman dan nyaman bagi masyarakat, termasuk pekerja dan pengusaha.

Berikut untuk rangkaian kegiatan lainnya, klik disini