Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Liga Pekerja Indonesia Tahun 2018

LIGA PEKERJA INDONESIA (LIPESIA) adalah Liga Sepak Bola antar pekerja/buruh di seluruh Indonesia yang  diselenggarakan Kementrian Ketenagakerjaan (KEMNAKER) bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olah Raga (KEMENPORA), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dengan disponsori oleh Bank BJB. LIPESIA merupakan event Sepak Bola berskala Nasional yang ditujukan bagi pekerja BUMN, BUMD dan perusahaan swasta di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional Tahun 2018. Event ini akan diikuti 544 Tim dari 34 Provinsi yang akan bertanding mulai Zona Provinsi (menghasilkan 34 Tim juara Provinsi), dilanjutkan ke Zona Regional (menghasilkan 8 Tim juara Regional) dan terakhir Zona Nasional (menghasilkan 3 Tim juara Nasional).

Maksud diselenggarakannya acara ini untuk membangun kebersamaan antar para pekerja, antara pekerja dengan pengusaha dan antara pekerja dengan Pemerintah agar terciptanya suasana persahabatan antara pekerja di seluruh Indonesia dan sekaligus sebagai hiburan bagi para pekerja di sela-sela kesibukannya yang padat.

Adapun Tujuannya yaitu untuk menyaring talenta pemain-pemain bagi kemajuan Sepak Bola di Indonesia, membangun industri Sepak Bola Indonesia dalam proses Talent Scouting. Hal ini juga merupakan Etalase efektif bagi seluruh pekerja Indonesia untuk mengembangkan bakat. Serta membentuk Football Maintenance sehingga atmosfir Sepak Bola di Indonesia tetap bergema dan terbangun.

Yang menarik dari acara LIPESIA ini adalah diperbolehkannya setiap tim memiliki Marque Player maksimal 2 (dua) orang pemain Ex liga PSSI atau Mantan Pemain Tim Nasional Indonesia. Asalkan pemain yang bersangkutan tidak tercatat aktif atau terikat kontrak bermain di klub professional (liga 1 dan Liga 2) di Indonesia.

Peserta Liga Pekerja Indonesia 2018 Zona Provinsi Jawa Bara diikuti oleh:

  1. BANK BJB BANDUNG (Kota Bandung)

  2. PT.FENG TAY (Kab.Bandung)

  3. PT.KAI BANDUNG (Kota Bandung)

  4. BANK PT.PINDAD PERSERO (Kota Bandung)

  5. SPN KOTA BANDUNG (Kota Bandung)

  6. PT.KAHATEX (Kab.Sumedang)

  7. PT.KINO (Kab.Sukabumi)

  8. PT.CHANG SIN (Kab.Karawang)

  9. BANK BNI BANDUNG (Kota Bandung)

  10. PT.JNE CABANG BANDUNG (Kota Bandung)

  11. PT.TOYOTA MOTOR MANUFACTURING INDONESIA (Kab.Karawang)

 

Tim pemenang/Juara Zona Jawa Barat akan mewakili Provinsi Jawa Barat maju ke babak wilayah Jawa, yang akan mempertemukan Tim pemenang/Juara dari masing-masing Provinsi di Wilayah Jawa. Hadiah dan Tanda Kejuaraan untuk Zona Jawa Barat berupa Piala Gubernur, Trophy, Medali dan Uang Pembinaan.

 

Pertandingan LIPESIA ini terdiri dari 16 pertandingan Grup A,B,dan C dengan rincian babak penyisihan 12 (dua belas) pertandingan, babak Semi Final 2 (dua) pertandingan dan perebutan juara 1,2 dan 3 ada 2 (dua) pertandingan.

 

Tempat pelaksanaan

Babak penyisihan            : Stadion Arcamanik Bandung (Group A,B)  Lapangan Pusdikpom Kodiklatad Cimahi (Group C)

Babak Semifinal dan Final        : Stadion Arcamanik Bandung

Kegiatan LIPESIA Zona Jawa Barat ini disponsori oleh Bank BJB.