Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Acara Launching Pencapaian Dua Juta Kesempatan Kerja dan Bursa Kerja Disnakertrans Provinsi Jawa Barat

Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat diantaranya Adalah Serapan 2 (Dua) Juta Kesempatan Kerja yang telah tertuang dalam RPJMD 2013-2018, merupakan salah satu Program Pemerintah Jawa Barat dalam penanggulangan pengangguran, tentunya perlu mendapat perhatian dan dukungan dari semua pihak agar Program tersebut dapat dicapai sesuai dengan rencana dan harapan.

Potensi pemuda khususnya di perdesaan sangat produktif,  tetapi kenyataannya belum memperoleh Informasi Kesempatan/Peluang Kerja yang memadai, sehingga perlu didorong agar mereka mampu mempunyai kompetensi melalui Pelatihan Ketenagakerjaan yang pada gilirannya akan berkontribusi langsung terhadap Penyiapan Serapan Dua Juta Kesempatan Kerja.

Permasalahan Ketenagakerjaan yang begitu kompleks penanganannya sangat tergantung dari pertumbuhan ekonomi atau aktivitas pembangunan, untuk itu aktivitas pembangunan di masing-masing sektor dan sub sektor harus bersinergi sehingga dapat terintegrasi dengan upaya penciptaan Serapan Dua Juta Kesempatan Kerja

Perlu dilakukan pemetaan potensi Ketenagakerjaan, khususnya masalah pengangguran yang ada di desa sehingga perlu adanya upaya peningkatan aktivitas desa yang akan menggerakkan ekonomi desa dari hulu ke hilir dari sektor-sektor yang strategis.

Perlu didorong upaya membangun kemampuan dan etos kerja di perdesaan melalui peningkatan produktivitas individu maupun kelompok sehingga pada gilirannya akan tumbuh kekuatan dalam menghadapi persaingan global

Berdasarkan amanat undang-undang bahwa Pemerintah wajib  menyelenggarakan penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat

Kota Bandung sebagai ikon Ketenagakerjaan Jawa Barat mempunyai andil yang sangat besar dalam penyerapan Tenaga Kerja didukung dengan kebijakan promosi investasi.

Maksud dari Program Dua Juta Serapan Kesempatan Kerja, antara lain;

  1. Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai capaian program serapan 2 (dua) juta kesempatan kerja yang sudah tertuang dalam RPJMD 2013-2018 sebagai program pemerintah Jawa Barat.
  2. Memberikan keyakinan bahwa dengan mengembangkan potensi yang ada di desa akan tumbuh dinamika aktivitas hidup yang lebih baik.

Adapun Tujuan dari Program Dua Juta Serapan Kesempatan Kerja, antara lain;

  1. Mengurangi tingkat pengagguran di Jawa Barat
  2. Memperluas kesempatan berusaha dan kesempatan kerja produktif, sehingga dapat menyerap tenaga penganggur di pedesaan dan perkotaan, baik penganggur terdidik mupun penganggur tidak terdidik.
  3. Terinformasikannya Data Serapan 2 (dua) Juta Kesempatan Kerja sesuai target yang telah ditetapkan, sebagai realisasi janji Gubernur Jawa Barat terpilih
  4. Membangun Data Base  ketenagakerjaan dan ketransmigrasian yang akurat
  5. Menggali potensi yang ada sehingga menjadi kekuatan
  6. Ajang  promosi produk UKM
  7. Mengembangkan jejaring penempatan tenaga kerja dengan berbagai stakeholders.