Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Menengok Ruang Simulasi Pelatihan Di BLTKLN

Training is a never ending process. Pendidikan dan pelatihan merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Idealnya dalam proses pelatihan dibutuhkan kondisi yang real agar peserta pelatihan dapat langsung mempraktekkan sesuai materi yang didapat. Termasuk pula ruang simulasi.

Simulasi secara harfiah adalah proses merencanakan suatu model dari sebuah system nyata dan melakukan eksperimen dengan model tersebut. Dengan tujuan memahami tingkah laku system, atau mengevaluasi berbagai strategi untuk mengoperasikan system tersebut.

Kini, Balai Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri (BLTKLN) memiliki ruang simulasi pelatihan. Ruang simulasi tersebut digunakan sebagai media edukasi bagi peserta pelatihan dalam mengimbangi kemajuan teknologi terutama untuk perlengkapan rumah tangga dan perawatan.

Ruang simulasi ini cukup luas. Di dalamnya ada 2 set tempat tidur pasien, sebuah kursi roda, perlengkapan perawatan bayi.

Selain itu terdapat satu set perlengkapan dapur terdiri dari wastafel tempat cuci piring, lemari pendingin, oven, kompor gas, serta perlengkapan memasak elektronik lainnya.

Pentingnya ruang simulasi ini agar siswa atau peserta pelatihan bisa lebih mengetahui perkembangan teknologi alat-alat yang ada di luar negeri. Sehingga mereka bisa mempraktekkan penggunaannya dan terbiasa dengan peralatan tersebut saat mereka mulai bekerja di luar negeri nanti. Tentunya saat praktek alat-alat tersebut para peserta dibimbing dan diarahkan oleh instruktur agar para peserta pelatihan dapat memahami penggunaan dari alat-alat tersebut.