Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Rapat Rencana Kerja Unit Layanan Disabilitas

Rapat Rencana Kerja Unit Layanan Disabilitas, Pimpinan Rapat Kabid Pentatrans, dihadiri oleh Kasi PPTKT, Kasi Norma Pengawasan Kerja, Jafung Pengantar Kerja, Jafung Mediator, Dinsos Jabar (bid Rehsos), Kepala UPTD PSRPD (panti sosial rehabilitasi penyandang disabilitas)

Kabid Penta Menuturkan, seperti diketahui bahwa dalam PP 60 UU 8 BUMD diharuskan menerima 2% pekerjanya dari Disabilitas sedangan swasta 1% ..
Dalam PP 70 tahun 2011 dalam pp tersebut tindaklanjut dalam turunanya ada rencana aksi nasional penyandang disabilitas untuk 5th selanjutnya di Provinsi harus ada rencana aksi daerah penyandang disabilitas provinsi perlu di koordinasikan dengan Dinas Sosial.

Dalam tindak lanjut ULD
Kabid pentatrans menuturkan

1. akan dilakukan Revisi SK Kepgub Nomor 560/kep-558-disnakertrans/2021 tentang Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Barat.. revisi terkait tim yang masuk di dalamnya salah satu contohnya akan memasukan Dinas Pendidikan, Dinas Indag, Dinas KUK dan nomeklatur jabatanya..

2. Rencana Aksi Strategi Ketenagakerjaan Inklusif yang terdiri 4 hal :

    a) penguatan dan optimalisasi kebijakan ketenagakerjaan (termasuk surat edaran didalamnya)

    b) perluasan kesempatan dan partisipasi pekerja disabilitas atas hak pekerjaan

    c) peningkatan kesadaran kapasitas pemangku kepentingak terkait dan

    d) kemitraan dari koordinasi efektif pemangku kepentingan

Langkah selanjutnya akan mengundang beberapa narasumber untuk berdiskusi terkait ketenagakerjaan inklusif salah satunya dari Mitra Kunci (ibu eni)