Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Disnakertrans Jabar Tinjau Lokasi Penempatan Transmigrasi di Provinsi Kalimantan Tengah

Dalam rangka persiapan penempatan transmigrasi tahun 2021, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan lapangan ke lokasi penempatan transmigrasi di Desa Dadahup, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah pada 4-7 November 2021.

.

Giat Peninjauan lapangan dilakukan secara langsung oleh Kepala Seksi Transmigrasi Disnakertrans Jabar Mohamad Qorib,S.Sos.,M.Ap. didamping staf dari seksi transmigrasi.

.

Dari peninjauan lokasi yang dilakukan,  menurut Qorib pihaknya dapat mengidentifikasi serta melihat perkembangan pembangunan di lokasi transmigrasi.  “Saat ini pembangunan permukiman transmigran yang ditargetkan berjumlah 103 unit telah terbangun 36 unit” Jelasnya.

.

Sementara itu, tahun ini Pemprov Jabar mendapatkan kuota penempatan ke Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 6 Kepala Keluarga atau kurang lebih sebanyak 16 Jiwa. Dari 103 Unit sebanyak 80% akan diisi oleh transmigrant penduduk setempat.

.

Lokasi transmigrasi di Dadahup ini memiliki karakteristik tanah lahan pertanian basah. Untuk lahan pekarangan (LP) dapat ditanami sayuran dan lahan usaha. Lahan Usaha (LU) bercocok tanam padi, Pohon Gelangging yang dapat diolah sebagai bahan Kosmetik, obat Kulit dan manfaat lainnya .

.

Sementara itu, penempatan transmigran dari Provinsi Jawa Barat direncanakan pada akhir November atau awal Desember 2021, bergantug pada proses Surat Terima Penempatan (STP) dari Bupati Kabupaten Kapuas dan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah dan Surat Pemberitahuan Pemberangkatan (SPP) yang diterbitkan pihak KemenDes, PDTT dan Transmigrasi.