Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Disnakertrans Jabar Pacu Peningkatan Produktivitas usaha mikro melalui Program P3

Kab. Karawang (25/10/21)- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat terus bergerak meningkatkan produktivitas masyarakat pemilik usaha mikro agar dampak negative dari meningkatnya tingkat pengangguran terbuka pada masa pandemic covid-19 dapat diminimalisir.Salah satu upaya yang dilakukan oleh Disnakertrans Jabar yakni bekerjasama dengan Direktorat Bina Produktivitas Kemnaker RI, melalui program Pendidikan dan pelatihan vokasi menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan produktivitas (P3) yang diselenggarakan di 6 Lokasi di Jawa Barat.

Pelaksanaan Kegiatan pelatihan dan peningkatan produktivitas (P3) di Kab. Karawang berlokasi di Desa Pasirjaya, yang merupakan salah satu  Desa Migran Kreatif (Demigratif) dengan peserta sebanyak 25 orang Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Keluarga Purna PMI.

“Desa Pasirjaya sudah punya potensi, selain merupakan desa demigratif, banyak warga yang sudah melakukan usaha mikro dan sudah memiliki akses pasar” Ujar Rudi Rudibillah Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas (Lattas) ketika menyampaikan sambutan pembukaan acara mewakili Kepala Disnakertrans Jabar.

Rudi menuturkan selama 5 hari, mulai tanggal 25 sampai dengan 29 Oktober 2021, peserta akan mendapatkan materi seputar konsep dan siklus manajemen produktivitas serta alat Teknik dan metode peningkatan produktivitas dibimbing langsung oleh pemateri dari Kemnaker Ibu Melvi.

Sementara itu Irma Hermayati sebagai perwakilan dari Disnakertrans Kab Karawang menuturkan bahwa Desa Pasirjaya telah memiliki Koperasi Purna dan Keluarga TKI yang bernama Koperasi Sahabat Bersama. Produk unggulan dari Koperasi ini adalah aneka makanan ringan seperti keripik sukun dan rengginang, telah berhasil  dipasarkan ke 150 toko, baik ritel maupun toko lainnya.

Rudi Berharap setelah dilakukannnya pelatihan dan peningkatan produktivitas (P3), peserta memiliki kesadaran mengenai produktivitas sehingga lebih memiliki daya saing dan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk menyerap tenaga masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, kegiatan pembukaan ini turut dihadiri oleh Perwakilan Disnakertrans Kab Karawang Ibu Een, Ibu Danti, Kepala Desa Pasirjaya H. Abdul Hakim, dan Koordinator Koperasi Sahabat Bersama Bapak Ahmad.