Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Menteri Ketenagakerjaan RI Dorong Pekerja Perempuan Inisiasi Adakan Dialog Sosial Untuk Cegah Pelecehan Seksual

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam kunjungannya ke Kota Bandung melakukan Dialog Sosial dengan Pengurus Serikat Pekerja Perempuan di Balai K3 Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/09/2021).
.
Hadir dalam dialog ini Dirjen PHI dan Jamsos, Indah Anggoro Putri; Dirjen Binwasnaker dan K3, Haiyani Rumondang; Staf Khusus Menaker, Dita Indah Sari dan M. Reza Hafiz; Kadisnakertrans Provinsi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi; dan Kepala Balai K3 Bandung, Muhammad Imran.
.
Menaker RI, mendorong pengurus serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) perempuan agar sering melakukan dialog sosial di lingkungan perusahaan tentang pentingnya membangun budaya zero tolerance for harassment, guna terwujudnya kenyamanan bekerja bagi perempuan.
.
"Kalau perusahaan punya komitmen itu kan orang gak berani macem-macem melakukan kekerasan atau pelecehan seksual," tutur Menaker RI
.
Ida menyatakan, bentuk kekerasan atau pelecehan seksual ada verbal dan non-verbal. Keduanya tidak boleh terjadi atau menimpa pekerja, khususnya pekerja perempuan.
.
Menurut Menaker RI inisiasi dialog sosial dengan manajemen perusahaan harus datang dari perempuan  karena perempuan lebih memiliki kepekaan dari pada laki-laki.
.
"Perempuan yang harus pro aktif dialog, memsosialisasikan ke kalangan pekerja dan perusahaan melalui forum-forum yang ada di perusahaan  agar tidak boleh terjadi kekerasan, pelecehan," ujarnya.
.
Ia menambahkan bahwa sosialisasi anti kekerasan atau pelecehan juga perlu dilakukan di luar tempat kerja, seperti keluarga dan lingkungan sosialnya. "Temen-temen ini perlu memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat," pungkas Ida Fauziyah.