Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Menaker RI Lakukan Supervisi ISO Tank Oksigen Mendorong Ketersedian Oksigen Medis Penanganan Covid-19

Kadisnakertrans Jabar, Rachmat Taufik Garsadi menghadiri Kegiatan Gerakan Senam Pekerja Sehat dan Optimalisasi Pengamanan Iso Tank Oksigen di PT. Samator, Cibitung-Jawa Barat. Rabu, (01/09/2021)
.
Pada kegiatan ini hadir Menteri Ketenagakerjaan RI, IdaFauziyah, Dirjen Binwasnaker K3 beserta jajarannya, Wakil Ketua Dewan K3 Nasional dan Kepala UPTD Pengawasan Wilayah II Jabar sejumlah Pengawas Ketenagakerjaan.
.
Dalam rangka menggalakan Gerakan Pekerja Sehat (GPS) dan percepatan Penanggulangan Covid-19 sekaligus sebagai bentuk dukungan Pemerintah untuk ketersediaan oksigen medis di wilayah Jawa dan Bali.
.
Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kemnaker RI bersama dengan Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Prov. Jabar telah melakukan pengawasan terhadap Iso Tank dan telah diterbitkan Sertifikat Keterangan Layak penggunaan Iso Tank untuk distribusi oksigen medis hingga berakhirnya kondisi darurat pandemik Covid-19.
.
Menaker Ida Fauziyah pun meminta perusahaan ataupun instansi yang mengoperasikan ISO tank oksigen medis agar memperhatikan aspek K3. "Penggunaan ISO tank harus memenuhi persyaratan K3," ucap Menaker RI.
.
Selanjutnya, Menaker RI pun telah menginstruksikan Pengawas Ketenagakerjaan, baik yang ada di pusat maupun di daerah, untuk melakukan supervisi terhadap pengoperasian ISO tank. "Melalui supervisi ini diharapkan pendistribusian oksigen dapat lebih cepat, aman, dan berkualitas," imbuh Menaker RI
.
Hal tersebut disebabkn karena saat ini ketersediaan oksigen menjadi kebutuhan vital bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Untuk itu, diperlukan juga pengawasan yang maksimal terhadap pengoperasian ISO tank mengingat ISO tank merupakan sarana utama pendistribusian oksigen tersebut.