Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Tim Raperda PMI Jabar Hadir di Kendal, Kebut Penyusunan Raperda Pelindungan PMI.

Selasa (20/10/2020). Pansus VI DPRD Prov. Jabar menggelar kunjungan kerja ke Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal dalam agenda pembahasan Raperda Perlindungan Pekerja Migran Indonesia asal Jabar. Kadisnakertrans Jabar, Sekdisnakertrans Jabar, Kabid. Penta, Ka. BLK PMI & Kasi Pengembagan & Pentaker serta Biro Hukum Setda Prov. Jabar hadir langsung dalam pembahasan Raperda ini.
.
Kadisnaker Kab. Kendal dalam kesempatan kali ini mencoba memetakan kondisi umum ketenagakerjaan yang ada disekitar Kabupaten Kendal. Terkait Migran, Kab. Kendal merupakan Kab. yg jumlah pengirim pekerja migram terbanyak nomor 2 setelah Kab. Cilacap di Jawa Tengah. Serta Kab. Kendal dikenal memiliki Layanan Terpadu Satu Atap yg banyak melibatkan berbagai stakholders untuk memfasilitasi dan mengurusi perihal PMI. Beberapa strategi seperti pelatihan yang mumpuni sampai pengawalan secara penuh kepergian maupun kepulangan para PMI ini. Hal tersebut bertujuan meminimalkan potensi merugikan para Calon PMI.
.
Tentu informasi dan sharing dari Disnaker Kab. Kendal ini sangat bermanfaat bagi proses penyusunan Raperda Perlindungan PMI ini. Sebab, Kendal dengan segala strateginya agar Migran dapat pergi sesuai prosedur tentu dapat memberikan ide dan perspektif baru bagi Jabar dalam rangka penyusunan Raperda Perlindungan PMI.
.
Pertemuan ini pun diteruskan dengan pembahasan pasal per pasal. Mari kita semua doakan agar penyusunan Raperda ini menjadi langkah konkret Pemerintah dalam rangka memberikan perlindungan Calon Pekerja Migran Indonesia asal Jabar.