Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Program Milenial Juara

Program ini adalah program yang bertujuan mempersiapkan Provinsi Jawa Barat yang akan segera masuk ke dalam era Internet of Things dan era teknologi 4.0. Para ahli teknologi telah memperkirakan akan terjadinya pergeseran jenis jabatan kerja yang diakibatkan dari revolusi teknologi berbasis internet. Banyak sekali jabatan kerja atau profesi yang digunakan saat ini, tidak akan ada lagi pada era tersebut, tetapi akan muncul jabatanjabatan yang baru. Program ini akan terdiri dari beberapa rumpun kegiatan utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengaktifkan Komite Pelatihan Vokasi Daerah yang merupakan program Kementerian Tenaga Kerja di daerah. Komite Pelatihan Vokasi Daerah terdiri dari unsur Kemnaker, Disnakertrans Jabar, KADIN, APINDO, Perguruan Tinggi dan Lembaga-Lembaga Sertifikasi Profesi. Komite ini akan berfungsi sebagai think tank untuk memberikan arahan jenis jabatan era internet of thins, skill yang diperlukan, hingga pada jenis-jenis vokasi yang disesuaikan dengan jabatan-jabatan baru tersebut.
  2. Melakukan restrukturisasi dan reorganisasi 2 Balai Latihan Ketenagakerjaan yang dimiliki Disnakertrans Jabar, yaitu BLKMandiri dan BLK Kompetensi.
  3. Memfungsikan BLK Kompetensi sebagai BLK untuk menyelenggarakan pendidikan-pendidikan vokasi jabatan dalam era teknologi 4.0 dan era Internet of Things. Juga akan dibangun Silicon Valey di lokasi BLK Kompetensi.
  4. Memfungsikan BLK Mandiri untuk khusus mengembankan pelatihan kewirausahaan termasuk agar kaum milenial dapat memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk memulai Start Up Company.
  5. Membangun network lembaga keuangan terutama Angel Investor untuk keperluan dukungan pendanaan bagi start up company. 6. Menyelenggarakan Job Expo untuk kaum milenial.