Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Kerjasama Disnakertrans Jabar dengan Amazon Web Service Asia/Pacific

Disnakertrans Jabar menyelenggarakan pertemuan lanjutan untuk program kerjasamanya dengan Amazon Web Service (AWS) untuk membangun Jabar Digital Skill Development Center yang akan merupakan bagian dari program Unggulan Milenial Juara dan E-Government.

Ms. Shang Gao, Ph.D, Head of AWS Education Program menyampaikan AWS bagian perusahaan Amazon merupakan penyedia jasa sistem data Cloud yg sudah memiliki kerjasama dengan beberapa perusahaan dan start up di dunia. Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, menawarkan lebih dari 165 layanan unggulan lengkap dari pusat data secara global. Jutaan pelanggan termasuk beberapa startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan terbesar, dan lembaga pendidikan dan pemerintahan mempercayai AWS untuk menggerakkan infrastruktur mereka, menjadi lebih tangkas, dan biaya lebih rendah. Dengan menerapkan sistem data Cloud menawarkan kecepatan transfer data dan keamanan yg terjamin. Sertifikasi yg dikeluarkan AWS terbukti menghasilkan tenaga kerja yang lebih banyak digunakan dalam Cloud Industry.

Kadisnakertrans Jabar menyampaikan bahwa kepentingan Pemprov Jawa Barat terutama Disnakertrans Jabar bekerja sama dengan AWS adalah disebabkan beberapa pertimbangan, yaitu diantaranya karena kerjasama tersebut telah diinisiasi oleh Kementerian Tenaga Kerja, keputusan strategis pemerintah pusat untuk menjadikan Jabar sebagai Pusat dari Center of Excellent di bidang IT, serta pertimbangan untuk memberikan ruang pekerjaan bagi kaum milenial Jawa Barat di masa yang akan datang. Kerja sama ini sangat strategis karena Disnakertrans Jabar memiliki program unggulan Milenial Juara yang diantaranya bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja IT dengan kompetensi cloud technology dan mempersiapkan kaum milenial untuk dapat membuka lapangan kerja baru dengan mendirikan perusahaan-perusahaan start up. Alasan lainnya adalah karena keharusan seluruh instansi pemerintahan untuk mulai membangun sistem E-Government sesuai yang diamanatkan melalui Perpres No. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Oleh karena itulah, akan segera ditandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Disnakertrans Prov. Jawa Barat dengan Amazon Web Service, yang berkaitan dengan:

  1. Peningkatan SDM DIsnakertrans serta pembangunan sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di lingkungan Disnakertrans Jabar;
  2. Pelatihan Cloud Computing untuk instruktur, dengan target mendapatkan setidaknya 1000 orang instruktur bersertifikasi untuk seluruh wilayah di Jawa Barat;
  3. Pelatihan Milenial Jawa Barat mengenai Teknologi Cloud Computing, yang dapat diselenggarakan di tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Selanjutnya Kadisnakertrans Jabar menyatakan bahwa kerja sama ini akan segera dimulai pada bulan September, dan secara khusus Jawa Barat menyasar lowongan kerja sebanyak 80 ribu tenaga Cyber Security yang diperlukan di Asia setiap tahunnya. Dengan membangun Digital Skill Development Center, selain Jawa Barat akan mempersiapkan kaum milenial menyongsong Era Internet of Things, namun juga program ini adalah bagian dari upaya mengurangi tingkat pengangguran di Jawa Barat khususnya pada kelompok usia muda dengan latar belakang pendidikan menengah sampai perguruan tinggi.