Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Kunjungan Kerja Kadisnakertrans Jabar di Salah Satu Perusahaan Bogor

Bogor, 13 Mei 2019. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat M. Ade Afriandi melakukan kunjungan kerja (Field Trip) di PT GA Indonesia. Untuk lebih mendalami persoalan yang dialami perusahaan2 di Kab Bogor, Kadisnakertrans Prov. Jabar menyempatkan diri utk mengunjungi PT Gun A Indonesia (PT GA Indonesia) yang berlokasi di kecamatan Cibinong, Kab. Bogor.

PT GA Indonesia merupakan perusahaan subkontrak garment yg pada awalnya mempekerjakan sekitar 3000 pekerja dan memiliki spesialisasi memproduksi jaket dan outdoor clothing. Buyer yang memberikan order maklun diantaranya Kevin Klein, Tom Hilfinger, Brook Brothers, dan sekitar 10 brand lainnya.
Pabrik yang berdiri di atas tanah seluas 1,2 HA ini mulai mengalami kesulitan ketika UMK Kab Bogor naik sebesar 58% di tahun 2013, dan hingga tahun 2017 kenaikan rata2 sebesar 23% per tahunnya. Lonjakan kenaikan UMK ini disertai dengan kenaikan iuran BPJS, dan kesejahteraan lain yg terpengaruh oleh upah.

Pada tahun 2017, PT GA Indonesia masuk ke dalam kategori Non Compliance List, sehingga di tahun 2018 hampir semua buyer menghentikan order nya.
Setelah para buyer menghentikan order nya, PT GA Indonesia telah mengurangi pekerjanya sebanyak 1900 orang, sehingga kini perusahaan berusaha untuk bertahan dengan 1100 pekerja dan mendapatkan maklunan dari pabrik lain di sekitar kab. Bogor.

General Manager PT GA Indonesia yang berkewarganegaraan Indonesia, Song Sung Wook, menyatakan tekadnya untuk terus mempertahankan perusahaan demi para pekerja yg masih bekerja, meskipun dia harus menjaminkan properti pribadinya untuk menutupi kekurangan dana perusahaan.
Selanjutnya, perusahaan ini berharap agar pemerintah segera melakukan intervensi penyelamatan dari kebangkrutan, dan PT GA Indonesia dapat dikategorikan sebagai Compliance List agar dapat menerima order kembali dari vendor atau buyer.