Site Meter

Tulisan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat

Membentuk Calon Transmigran Motivator Menjadi Informal Leader di Daerah Penempatan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat melalui Balai Latihan Kerja Mandiri Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Calon Transmigran Motivator Tahun 2018 selama 12 (dua belas) hari dimulai dari tanggal 04 September s.d. 15 September 2018. Kegiatan ini terselenggara atas hasil kerjasama dengan Direktorat Jendral Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi (PKP2Trans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Peserta pelatihan berjumlah 30 (tiga puluh) orang yang berasal dari daerah pengirim dan daerah penempatan transmigrasi, mereka adalah para calon transmigran pilihan yang memiliki kapasitas intelegensi dan kepribadian terbaik di daerah masing-masing.

Ditemui di lokasi pelatihan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Ferry Sofwan Arif, M.Si menyampaikan bahwa Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Calon Transmigran Motivator ini merupakan sebuah ajang penguatan motivasi diri para peserta, sehingga terbentuk kepribadian calon transmigran yang tangguh dan mampu menjadi pioneer dalam menjalani kehidupan di lokasi penempatan. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi materi teknis, soft skills, psikologi, rohani, kesehatan, penanganan bencana dan ipoleksosbudhankam.

Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa terdapat beberapa poin penting mengenai kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Calon Transmigran Motivator Tahun 2018 ini, yang pertama adalah kegiatan pelatihan ini selain bertujuan untuk menumbuhkan jiwa motivasi yang tinggi, pelatihan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling memahami, tenggang rasa, empati dan toleransi di dalam diri para calon transmigran. Karena kondisi geografis, budaya dan sosial kemasyarakatan di daerah penempatan transmigrasi itu berbeda dengan kondisi eksisiting di daerah asal. Dalam arti lain, pelatihan ini mencegah agar para calon transmigran ini mengalami culture shock di daerah penempatan.

Poin berikutnya adalah pelatihan ini disetting untuk membentuk para peserta menjadi informal leader. Mereka harus menjadi seorang pioneer dan motivator bagi transmigran lainnya. Oleh karena itu, kurikulum dibuat dengan komposisi materi yang variatif agar para peserta memiliki wawasan dan keterampilan yang lebih banyak dibanding dengan calon transmigran lainnya.

Kemudian Beliau menyampaikan bahwa materi pelatihan yang diberikan tidak terpaku kepada masalah pengolahan lahan, perkebunan dan peternakan saja, namun juga diberikan materi mengenai kerohanian, khususnya dalam hal  penanganan jenazah (memandikan, mengafani, menyolatkan dan menguburkan). Materi ini penting untuk disampaikan karena para peserta dituntut untuk menjadi seorang pioneer yang kompeten di berbagai hal, termasuk di dalam hal penanganan jenazah.

Selanjutnya Bapak Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Calon Transmigran Motivator Tahun 2018 ini para peserta diberikan materi tentang internet dasar. Hal yang mendasari diberikannya materi ini adalah kini internet menjadi hal yang cukup penting, dan Kementerian Kominfo sedang menggalakan program internet masuk Desa, tidak menutup kemungkinan di daerah penempatan nanti mendapatkan program internet masuk Desa tersebut. Sub materi yang diberikan kepada para peserta adalah pengenalan dan cara pengoperasian komputer, cara melakukan browsing untuk mencari informasi daerah penempatan, cara membuat akun email, dan cara untuk membuat database digital peserta pelatihan. Pada akhir pelatihan, para peserta akan diminta testimoni mengenai kesan dan pesan selama mengikuti pelatihan yang kemudian di rekam dan video hasil rekaman di upload ke website BLKM Jabar, sehingga kapanpun dan dimanapun para peserta dapat memutar kembali video testimoni mereka.     

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Calon Transmigran Motivator Tahun 2018 ini akan ditutup secara resmi oleh Bapak Dirjen PKP2Trans pada hari Sabtu, 15 September 2018.

Kontributor: Insan Fadilah Fulki